Friday, May 25, 2012

Definisi & Manfaat E-Commerce

Definisi E-Commerce

         Electronic Commerce(EC) merupakan konsep baru yang bisa digambarkan sebagai proses
jual beli barang atau jasa pada World Wide Web Internet (Shim, Qureshi, Siegel, 2000 dalam
buku M. Suyanto,11,2003) atau proses jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi
melalui jaringan informasi termasuk Internet (Turban, Lee, King, Chung, 2000 dalam buku
M. Suyanto,11, 2003). Kalakota dan Winston (1997) mendefinisikan EC dari berbagai
persfektif berikut:
· Dari persfektif komunikasi, EC merupakan pengiriman informasi produk/layanan, atau
pembayaran melalui lini telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya
· Dari persfektif proses bisnis, EC merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi
transaksi dan aliran kerja perusahaan.
· Dari persfektif layanan, merupakan suatu alat yang memenuhi, keinginan perusahaan,
konsumen, dan manajemen, dalam memngkas service cost ketika meningkatkan mutu
barang dan kecepatan pelayanan
· Dari persfektif online, EC berkaitan dengan kapasitas jual beli produk dan informasi dari
internet dan jasa online lainnya.

 
Klasifikasi E-Commerce
Penggolongan E-Commerce yang lazim dilakukan orang ialah berdasar sifat transaksinya.
Berikut penggolongannya menurut M. Suyanto (2003):
· Business-to-Business(B2B)
· Business-to-consumer(B2C)
· Consumer-to-Consumer(C2C)
· Consumer-to-Business(C2B)
· Nonbusiness E-Commerce
· Intrabusiness (Organizational) E-Commerce
Faktor Kunci Sukses Dalam E-Commerce
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan E-Commerce bisa bertahan tidak hanya
mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal,
pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik,
jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang
termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan 

Manfaat E-Commerce
Manfaat yang dapat diperoleh dari E-Commerce bagi organisasi menurut M. Suyanto
(2003) adalah :
· Memperluas market place hingga ke pasar nasional dan international.
· Menurunkan biaya pembuatan, pemrosesan, pendistribusian, penyimpanan dan
pencarian informasi yang menggunakan kertas.
· Memungkinkan pengurangan inventory dan overhead dengan menyederhanakan
supply chain dan management tipe “pull”.
· Mengurangi waktu antara outlay modal dan penerimaan produk dan jasa.
· Mendukung upaya-upaya business process reengineering.
· Memperkecil biaya telekomunikasi – internet lebih murah dibanding VAN.
Akses informasi lebih cepat
Selain mempunyai manfaat bagi perusahaan, menurut M. Suyanto (2003) ECommerce
juga mempunyai manfaat bagi konsumen, yaitu :
· Memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama
24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi dengan menggunakan
fasilitas Wi-Fi.
· Memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan.
· Pengiriman menjadi sangat cepat.
· Pelanggan bisa menerima informasi yang relevan secara detail dalam hitungan
detik, bukan lagi hari atau minggu.
· Memberi tempat bagi para pelanggan lain di electronic community dan bertukar
pikiran serta pengalaman.
· Memudahkan persaingan yang ada pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara
substansial.
Menurut M. Suyanto (2003) selain manfaat terhadap organisasi, konsumen ECommerce
juga mempunyai manfaat bagi masyarakat, antara lain :
· Memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak harus keluar rumah
untuk berbelanja. Ini berakibat menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan serta
mengurangi polusi udara.
· Memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah.
· Memungkinkan orang di negara-negara dunia ketiga dan wilayah pedesaan untuk
menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa ECommerce.

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
▲TOP