Friday, May 18, 2012

Evaluasi Efektivitas Periklanan Pada E-Commerce :Part 3

Evaluasi Efektivitas Periklanan Pada E-Commerce

1.6.LOKALISASI
Lokalisasi adalah proses konversi produk media yang dikembangkan
di suatu negara menjadi bentuk yang secara kultural dan bahasa dapat
diterima di negara-negara di luar target pasar semula. Ini biasanya
dilakukan dengan serangkaian panduan yang dinamakan
internasionalisasi. Penerjemahan Web page hanyalah salah satu
aspeknya saja. Ada lagi beberapa aspek lainnya. Misalnya, sebuah
manufaktur perhiasan yang memajang produknya dengan latar
belakang putih bisa terkejut mendengar bahwa ini bisa menyinggung
pelanggan di negara-negara lain yang menginginkan latar belakang
berwarna biru. Kalau anda bertujuan masuk ke pasar global (ada
jutaan pelanggan di luar sana), maka anda harus berusaha untuk
melokalkan web page anda. Ini bukan tugas sederhana setidaknya
karena hal-hal berikut:
• Sejumlah bahasa memiliki karakter beraksen. Kalau produk
anda memasukkan sebuah karakter beraksen, maka karakter ini akan
hilang ketika anda mengkonversikan ke dalam, misalnya, bahasa
Inggris.
• Teks dan font yang hard-coded tidak bisa diganti, sehingga akan
tetap ada dalam format aslinya meskipun dalam versi terjemahan.
• Grafik dan ikon akan berbeda begitu melintasi batas negara.
Misalnya, mailbox Amerika akan nampak sebagai tong sampah di
Eropa
• Untuk menterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa Asia, maka
sejumlah issu kultural harus diperhatikan
• Tanggal yang di Amerika tertulis sebagai mm/dd/yy
[bulan/tanggal/tahun] akan dibaca sebagai dd/mm/yy
[tanggal/bulan/tahun] di banyak negara lain
• Terjemahan konsisten atas sejumlah dokumen sangat sulit
Untuk membantu lokalisasi, anda bisa menyewa konsultan (misalnya, lihat www.transware.ie).
 
1.7.STANDAR INTERNET
Dengan banyaknya cara kreatif beriklan di web, maka akan segera
nampak bahwa hal terakhir yang ingin dilakukan siapa pun adalah
membuat cara-cara tersebut menjadi lebih terstandar dan teratur. Tapi
ternyata begitulah caranya kebanyakan industri iklan web memimpin.
Salah satu usulan standar yang akan mempengaruhi periklanan
adalah yang berkaitan dengan cookie. Cookie, sebagaimana dijelaskan
tadi, merupakan mekanisme yang memungkinkan sebuah situs web
mencatat kunjungan dan kepergian anda, biasanya tanpa
sepengetahuan atau persetujuan anda. Informasi ini dapat digunakan,
misalnya, untuk mencantumkan sebuah nomor ID untuk situs yang
hanya dibuka untuk yang berlangganan, atau untuk mengumpulkan
informasi mengenai preferensi seorang pembeli online sehingga
electronic marketer dapat membidikkan tawaran mereka kepada orang
mengembangkan satu standar cookie, yang pada saat buku ini ditulis
(akhir 1998) sedang ditinjau kembali oleh Tim Khusus Perekayasaan
Internet. Usulan yang diajukan tim ini mendorong, misalnya, para
vendor browser untuk memanfaatkan cookie serta pencegahannya
agar dibuat lebih jelas kepada pemakai. Sebanyak 72 persen pemakai
online belum pernah mendengar tentang cookies, menurut survey
terhadap 300 orang yang dilakukan oleh firma riset pasar
CyberDialogue tahun 1998. Usulan tersebut berusaha mengontrol atas
cookie jauh dari penerbit dan pemasar online.
Perusahaan-perusahaan pengelola iklan sekarang sedang menyusun draft proposaltandingan.
Karena itu, perdebatan mengenai cookie tidak akan segera mereda dalam waktu dekat
ini, dan pasti akan ada lebih banyak usulan standar yang akan mempengaruhi periklanan web di
masa datang.
 
1.8.Para Pemain Utama Iklan Web
Meeker (1997) mengidentifikasi sejumlah subsegmen pasar internet,
yang mencakup lima kategori utama (selain perusahaan yang
membuat dan mengoperasikan situs-situs internet yang didirikan,
sebagian atau seluruhnya, dengan mengiklankan dollar):
1. Agen periklanan dan pengembang situs web
Perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam pembuatan kampanye
iklan internet, mulai kampanye perencanaan hingga pembelian media,
serta pengembang situs yang memungkinkan perusahaan-perusahaan
mempromosikan mereknya dan mengembangkan kehadiran pelanggan
online. Karena periklanan esensinya merupakan promosi perusahaan
beserta produk dan jasanya, maka di dunia web, hal ini dicapai
melalui pembelian spasi iklan di situs lain maupun hanya mendesain
sebuah situs yang melayani tujuan yang sama.
2. Penyedia riset pasar
Dalam lapangan baru seperti itu, para pengiklan, penerbit, investor,
dan pihak-pihak lain yang tertarik semuanya mencari data riil
mengenai apa yang sedang terjadi, seberapa besar, dan di mana
terjadinya. Ini dilakukan perusahaan yang sedang mengikuti evolusi
teknologi internet yang memfokuskan perhatiannya pada dampak
evolusi teknologi tersebut terhadap bisnis dan industri tertentu,
termasuk arena periklanan web.
3. Perusahaan analis dan pengukuran traffic
Untuk memvalidasi pembelian media periklanan di internet, pengiklan
harus mampu menentukan batasan dan melakukan verivikasi investasi
yang mereka lakukan. Perusahaan analisis traffic mengisi kebutuhan
itu dengan menawarkan perangkat lunak dan layanan untuk membantu
penerbit dalam mengikuti dan melakukan pengiriman periklanan
dalam situs web mereka.
4. Perusahaan rep/jaringan
Perusahaan-perusahaan ini menyediakan layanan nilai tambah bagi
para pengiklan dan penerbit dan sejenisnya dengan menjadi broker
distribusi iklan dan dengan mengatur kirimannya.
5. Pemrosesan order dan dukungannya
Perusahaan-perusahaan yang menyediakan layanan outsourcing
kepada penerbit internet dan penyedia layanan.

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
▲TOP