STRATEGI GAYA DALAM PELAKSANAAN PESAN IKLAN(Part 2)
2.1 Gaya
dalam pelaksanaan Pesan Iklan.
Dalam pelaksanaan pesan, empat hal yang
diperhatikan oleh tim kreatif, yaitu gaya, nada, kata dan
format.
Gaya terdiri dari menjual langsung, gaya hidup, citra, musik, keahlian, bukti
ilmiah, animasi dan
kombinasi.
2.2 Menjual Langsung(straight Sell)
Gaya menjual langsung tertuju langsung
pada informasi produk. Sebagiab besar besar iklan pada E-Commerce menggunakan gaya
menjual langsung. Toko Amazo(www.amazon.com) menggunakan gaya
ini untuk meraih
keberhasilan, dengan menampilkan harga dan potongan yang komprtitif serta bebas
pengiriman untuk
nilai order tertentu. Amazon.com merupakan toko online terbaik pilihan majalah
yahoo
tahun 2002. Mulai
dengan pelayanan yang super, pilihan produk yang istimewa, frekuensipromosi,
misalnya
"shipping" gratis, kupon untuk potongan harga, potongan harga yang
kompentetif.
Pesaing
utama dari Amazon.com menurut versi majalah yahoo adalah Wal-Mart.Wal-Mart
merupakan
perusahaaan peringkat kedua paling mengagumkan dunia menurut majalah Fortune
tahun
2002,
memperoleh pendapatan 191.581 juta dolar pada tahun 2001. Wal-MArt merupakan
pedagang
umum
terbesar dunia . Serupa dengan Amazon.com, Wal-Mart juga mneggunakan gaya
menjual langsung
dalam
iklannya, dengan menonjolkan potongan harga.
2.3 Gaya Hidup
Gaya ini menekankan bagaimana suatu
produk sesuai dengan suatu gaya hidup. Exulury.com
merupakan
situs fashion terbaik dunia tahun 2002versi majalah yahoo, merupakan contoh
iklan dengan
menggunakan
gaya hidup.Pasar yang dibidik Eluxuruy adalah kaum muda yang menyukai musik dan
lincah.
Levi strauss yang biasa disingkat Levi's
adalah perusahaan yang mula-mula target kaum muda
usia
15 tahun sampai 24 tahun.Kemudian mengembangkan pasar untuk usia 25 tahun
sampai 34 tahun,
dan
akhirnya target untuk pasar 24 24 tahun sampai 54 tahun. Tetapi tidak lepas
dari variasi dan
berpartisipasi
setiap wakt. Perusahaan yang sukses dalam iklan menggunakan gaya hidup ini juga
ditunjang
oleh nilai-nilaiyang dianutoleh karyawannya, yaitu emphaty, originality,
integrity, dancourage.
2.4 Citra atau Suasana
Gaya ini menggunakan pendekatan yang
membagkitkan suasana atau citra disekitar produk
tersebut,
seperti kecantikan, citra, atau ketenangan. Tidak ada pengkuan atas produk
tersebut kecuali
melalui
sugesti. Berbagai kategori lain juga menggunakan cara ini, terutama yang sedang
mencari cintra
canggih
dan global.
Guess adalah perusahaan mode
internasional yang membidik pasar pria, wanita, dan anak-anak
yang
didirikan oleh Marciano bersaudara. Visi dari Guess adalah mentransformasikan
" jean drill yang
tidak
laku" kedalam sesuatu yang glamour dan mode yang seksi. Guess menggunakan
gaya suasana atau
citra
dalam mengeksekusi pesan iklannya dengan kata "Fell The Love"
2.5 Keahlian teknis
Gaya ini menggunakan pendekatan dengan
menunjukan keahlian, pengalaman, dan kebanggaan
prusahaan
dalam membuuat produk tersebut. Misalnya, iklan dari jam Roloex mneggunakan
keahlian
teknis
ini dalam mengeksekusi pesan iklannya. Dalam membuat produk Rolex menggunakan
produk
mutakhir,
keahlian horologi, keakuratan dan inspirasi. Prosedur pengendalian kualitas dan
penggesatan
sangat
canggih, dari rancanga gambar baru, menuangkan dalam papan sampai sertifikasi
kualitas akhir.
Pengalaman
dalam membuat jam sampai 100tahun (berdirin 1905) menunjukan pengalaman yang
luar
biasa.
2.6 Bukti Ilmiah
Pendekatan gaya ini menyajikan bukti survei
atau bukti ilmiah atau laboratoriium bahwa merek
tersebut
lebih disukai atau mengungguli merek lain. Gaya ini umum dalam kategoriobat
bebas. Suatu
gaya
eksekusi iklan untuk obat demam dan alergi demetap dari Whiteall Robins
memperlihatkan seorang
dokter
dan anak perempuannya, disebelahnya bertuliskan "Doctor Recomended. Proven
at Home".
dibawahmyatertulis
dokter, ahli farmasi telah dipercaya pada merek Dimetapp lebih dari 30 tahun.
2.7 Animasi
Gaya eksekusi pesan iklan yang sangat populer
sekarang ini adalah animasi dengan teknik ini,
sekenario
yang akan dianimasikan digambar oleh seniman atau diciptakan dikomputer dalm
bentuk
kartun.
Animasi kartun sangat populer bila target pasarnya anak-anak.
Perusahan
yang menggunakan gaya eksekusi iklan animasi antara lain McDonald's, Pepsi
CocaCola,
Christian
Dior,
L'Oreal,
Nabisco
dan
sebagainya.
2.8 Kombinasi
Kombinasi merupakan teknis eksekusi pesan
dalam iklan merupakan gabungan dari berbagai
teknik.
Iklan yang bagus dalam e-Commerce adalah iklan kombinasi.
L'Oreal
salah satu contoh iklan kombinasi yang meraih penghargaan pada tahun 2002.
Penghargaan
pertama,
penghargaan "Corporate Business Top Com", yaitu multimedia grand
prize. Penghargaan kedua,
Penghargaan
"Gold Top Com", yaiutu untuk desain web. Dua penghargaan
tersebutmetupakan
penghormatan
dari strategi grup dalam melakukan positioning untuk pengembangan pasar
internasionaldi
lebih
20 negara. Interface dan rancangan grafik yang inovatif serta platform yang
unik menjadikan
administrasi
terpusat dari situs perusahaan dunia.
No comments:
Post a Comment