Wednesday, May 16, 2012

STRATEGI GAYA DALAM PELAKSANAAN PESAN IKLAN(PART 2)

STRATEGI GAYA DALAM PELAKSANAAN PESAN IKLAN(Part 2)

2.1 Gaya dalam pelaksanaan Pesan Iklan.

     Dalam pelaksanaan pesan, empat hal yang diperhatikan oleh tim kreatif, yaitu gaya, nada, kata dan
format. Gaya terdiri dari menjual langsung, gaya hidup, citra, musik, keahlian, bukti ilmiah, animasi dan
kombinasi.

2.2 Menjual Langsung(straight Sell)

     Gaya menjual langsung tertuju langsung pada informasi produk. Sebagiab besar besar iklan pada E-Commerce menggunakan gaya menjual langsung. Toko Amazo(www.amazon.com) menggunakan gaya
ini untuk meraih keberhasilan, dengan menampilkan harga dan potongan yang komprtitif serta bebas
pengiriman untuk nilai order tertentu. Amazon.com merupakan toko online terbaik pilihan majalah yahoo
tahun 2002. Mulai dengan pelayanan yang super, pilihan produk yang istimewa, frekuensipromosi,
misalnya "shipping" gratis, kupon untuk potongan harga, potongan harga yang kompentetif.
Pesaing utama dari Amazon.com menurut versi majalah yahoo adalah Wal-Mart.Wal-Mart
merupakan perusahaaan peringkat kedua paling mengagumkan dunia menurut majalah Fortune tahun
2002, memperoleh pendapatan 191.581 juta dolar pada tahun 2001. Wal-MArt merupakan pedagang
umum terbesar dunia . Serupa dengan Amazon.com, Wal-Mart juga mneggunakan gaya menjual langsung
dalam iklannya, dengan menonjolkan potongan harga.

2.3 Gaya Hidup

      Gaya ini menekankan bagaimana suatu produk sesuai dengan suatu gaya hidup. Exulury.com
merupakan situs fashion terbaik dunia tahun 2002versi majalah yahoo, merupakan contoh iklan dengan
menggunakan gaya hidup.Pasar yang dibidik Eluxuruy adalah kaum muda yang menyukai musik dan
lincah.
     
       Levi strauss yang biasa disingkat Levi's adalah perusahaan yang mula-mula target kaum muda
usia 15 tahun sampai 24 tahun.Kemudian mengembangkan pasar untuk usia 25 tahun sampai 34 tahun,
dan akhirnya target untuk pasar 24 24 tahun sampai 54 tahun. Tetapi tidak lepas dari variasi dan
berpartisipasi setiap wakt. Perusahaan yang sukses dalam iklan menggunakan gaya hidup ini juga
ditunjang oleh nilai-nilaiyang dianutoleh karyawannya, yaitu emphaty, originality, integrity, dancourage.

2.4 Citra atau Suasana

       Gaya ini menggunakan pendekatan yang membagkitkan suasana atau citra disekitar produk
tersebut, seperti kecantikan, citra, atau ketenangan. Tidak ada pengkuan atas produk tersebut kecuali
melalui sugesti. Berbagai kategori lain juga menggunakan cara ini, terutama yang sedang mencari cintra
canggih dan global.

       Guess adalah perusahaan mode internasional yang membidik pasar pria, wanita, dan anak-anak
yang didirikan oleh Marciano bersaudara. Visi dari Guess adalah mentransformasikan " jean drill yang
tidak laku" kedalam sesuatu yang glamour dan mode yang seksi. Guess menggunakan gaya suasana atau
citra dalam mengeksekusi pesan iklannya dengan kata "Fell The Love"

2.5 Keahlian teknis

      Gaya ini menggunakan pendekatan dengan menunjukan keahlian, pengalaman, dan kebanggaan
prusahaan dalam membuuat produk tersebut. Misalnya, iklan dari jam Roloex mneggunakan keahlian
teknis ini dalam mengeksekusi pesan iklannya. Dalam membuat produk Rolex menggunakan produk
mutakhir, keahlian horologi, keakuratan dan inspirasi. Prosedur pengendalian kualitas dan penggesatan
sangat canggih, dari rancanga gambar baru, menuangkan dalam papan sampai sertifikasi kualitas akhir.
Pengalaman dalam membuat jam sampai 100tahun (berdirin 1905) menunjukan pengalaman yang luar
biasa.

2.6 Bukti Ilmiah

      Pendekatan gaya ini menyajikan bukti survei atau bukti ilmiah atau laboratoriium bahwa merek
tersebut lebih disukai atau mengungguli merek lain. Gaya ini umum dalam kategoriobat bebas. Suatu
gaya eksekusi iklan untuk obat demam dan alergi demetap dari Whiteall Robins memperlihatkan seorang
dokter dan anak perempuannya, disebelahnya bertuliskan "Doctor Recomended. Proven at Home".
dibawahmyatertulis dokter, ahli farmasi telah dipercaya pada merek Dimetapp lebih dari 30 tahun.







2.7 Animasi

       Gaya eksekusi pesan iklan yang sangat populer sekarang ini adalah animasi dengan teknik ini,
sekenario yang akan dianimasikan digambar oleh seniman atau diciptakan dikomputer dalm bentuk
kartun. Animasi kartun sangat populer bila target pasarnya anak-anak.
Perusahan yang menggunakan gaya eksekusi iklan animasi antara lain McDonald's, Pepsi CocaCola,
Christian
Dior,
L'Oreal,
Nabisco
dan sebagainya.

2.8 Kombinasi

      Kombinasi merupakan teknis eksekusi pesan dalam iklan merupakan gabungan dari berbagai
teknik. Iklan yang bagus dalam e-Commerce adalah iklan kombinasi.
L'Oreal salah satu contoh iklan kombinasi yang meraih penghargaan pada tahun 2002. Penghargaan
pertama, penghargaan "Corporate Business Top Com", yaitu multimedia grand prize. Penghargaan kedua,
Penghargaan "Gold Top Com", yaiutu untuk desain web. Dua penghargaan tersebutmetupakan
penghormatan dari strategi grup dalam melakukan positioning untuk pengembangan pasar internasionaldi
lebih 20 negara. Interface dan rancangan grafik yang inovatif serta platform yang unik menjadikan
administrasi terpusat dari situs perusahaan dunia.

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
▲TOP