Friday, May 18, 2012

Evaluasi Efektivitas Periklanan Pada E-Commerce :Part 2

 Evaluasi Efektivitas Periklanan Pada E-Commerce

1.4.KATALOG ONLINE
Satu faktor penting dalam periklanan Internet adalah cara-cara
memperkenalkan produk atau jasa kepada pemakai. Ini seringkali
dilakukan melalui online Katalog.
 
1.4.1. Perkembangan Katalog Online
Selama ini, kertas cetak telah menjadi media katalog iklan. Akan
tetapi, akhir-akhir ini online Katalog dengan CD-ROM maupun dalam
web telah mendapatkan popularitasnya tersendiri. Bagi para pedagang,
tujuan Katalog online adalah untuk mengiklankan dan
mempromosikan produk-produk dan jasa mereka, sementara tujuan
katalog bagi pelanggan adalah untuk bisa memperoleh sumber
informasi mengenai produk dan layanan yang ada. Katalog
Electronic dapat dicari dengan cepat dengan bantuan software agent.
Juga, perbandingan mengenai produk-produk yang dicantumkan
dalam katalog dapat dibuat secara sangat efektif. Untuk pembahasan
komprehensif mengenai online Katalog, dari buku Kosiur (1997).
Electronic Katalog terdiri dari database produk, directory and
search capability, dan fungsi presentasi. Electronic mall berbasis web,
web browser, bersama-sama dengan Java dan kadang-kadang juga
dengan virtual reality, memainkan peran dalam mempresentasikan
informasi statis dan dinamis.
Kebanyakan dari online Katalog pada awal perkembangannya
merupakan replikasi teks dan gambar dari teks yang sudah dicetak.
Namun, online Katalog telah berkembang menjadi semakin dinamis
dan customized, dan terpadu dengan prosedur pembelian dan
penjualan. Karena online Katalog terpadu dengan pengambilan order
dan pembayaran, maka tool yang dipergunakan untuk membangun
online Katalog juga dipadukan dengan situs milik pedagang.
Katalog Electronic dapat diklasifikasikan menurut tiga dimensi:
1. Dinamika penyajian informasi. Berdasar hal ini, ada dua macam
kategori:
• Katalog statis: Katalog disajikan dalam deskripsi tekstual
dan gambar statis
• Katalog dinamis: katalog dipresentasikan dalam gambar
bergerak atau animasi, bisa ditambahkan bunyi untuk
melengkapi isi yang statis
2. Tingkat customization. Ada dua kategori berbeda, yakni:
• Ready-made Catalog [katalog sudah-jadi]: Pedagang
menawarkan katalog yang sama kepada konsumen manapun
• Customized Catalog: Mengirimkan isi dan tampilan yang dicustomized
tergantung pada karakteristik pelanggan
3. Tingkat keterpaduan antara katalog dengan proses bisnis:
• Pemesanan (order taking) dan pemenuhan kewajiban
• Sistem pembayaran elektronis
• Software dan sistem alur kerja intranet
• Sistem persediaan dan akunting
• Extranet milik supplier atau pelanggan
• Katalog kertas
 
1.4.2. Perbandingan Katalog Online Dan Katalog Kertas
Keunggulan dan kelemahan Katalog online diperbandingkan dengan
keunggulan dan kelemahan paper Katalog di Tabel 4.3. Meskipun ada
sejumlah keunggulan signifikan yang dimiliki Katalog online,
misalnya kemudahan melakukan updating, kemampuannya
memadukan diri dengan proses pembelian, dan cakupan produk dalam
sprktrum luas dengan kapabilitas pencarian yang kuat, namun ada
sejumlah kelemahan dan keterbatasan. Yang paling nyata, untuk bisa
mengakses Katalog online, pelanggan perlu komputer dan internet.
Namun, karena akses komputer dan internet saat ini sudah menyebar
demikian cepatnya, dapat diharapkan bahwa katalog kertas akan
segera tergantikan oleh atau setidaknya dilengkapi dengan katalog
elektronis. Di sisi lain, dengan mempertimbangkan fakta bahwa media
cetak (surat kabar dan majalah) tidak akan mati oleh hadirnya media
massa online, kita dapat mengira-ira bahwa katalog kertas juga tidak
akan hilang meskipun katalog online menjadi semakin populer.
Nampaknya akan tetap ada ruang bagi kedua media. Hanya saja,
dalam B2B, katalog kertas mungkin akan hilang lebih cepat.
 
1.4.3 Periklanan Dalam Katalog Online dan Mall Elektonik
Sejumlah katalog dalam situs web bisa memberi gambar dan teks
tanpa menghubungkannya dengan order taking [pemesanan]. Cobalah
lihat iklan-iklan Calvin Klein di www.pobox.upenn.edu/~davidtoc.
Situs tersebut memiliki direktori elektronis dengan sejumlah besar
electronic Katalog. Tetapi, tidak ada alasan mengapa katalog tersebut
tidak dapat dihubungkan dengan order taking atau setidaknya kontak
e-mail. Sehingga, situs periklanan yang ditampilkan nampaknya
merupakan bentuk sementara dari e-mall. Hanya saja, sejumlah iklan
mengenai citra perusahaan hanya dapat dihubungkan dengan e-mall,
karena iklan tersebut tidak berkorespondensi dengan produk yang
spesifik. Misalnya, situs Coca Cola (www.cocacola.com) tidak begitu
tepat untuk melakukan taking order Coke secara online. Ia hanya
mengingatkan orang akan rasa Coca-Cola. Tapi anda bisa membeli
item kolektor Coke dan banyak lagi.
Tool yang dipergunakan untuk membangun online Katalog meliputi: iCat’s
Commerce Online (iCat), Boise’s Marketing Service (Boise), IBM’s
Net.commerce (IBM) dan Oracle’s ICS (Oracle).
 
1.5.BIAYA BERIKLAN
Sebagaimaan iklan-iklan lainnya, iklan internet perlu melakukan
menetapkan batas-batasnya, kalau tidak, anda bisa menghabiskan
biaya lebih dari yang anda butuhkan. Penting dicatat bahwa
perusahaan tahu apa tujuan periklanan yang diinginkannya.
Penalarannya jelas. Tidak adanya evaluasi tujuan mengenai web bisa
mengarah ke persoalan perusakan citra dan informasi secara besarbesaran.
Juga, apabila yang diharapkan dari periklanan perusahaan
tidak bisa diartikulasikan dalam pengertian yang paling luas dan
secara sistematis dievaluasi dalam hal ketersampaian dengan media,
maka barangkali tidak ada artinya menggunakan web. Begitu
ditentukan bahwa menggunakan web sebagai wahana beriklan betulbetul
akan dapat menguntungkan perusahaan dalam mencapai
tujuannya, perhatian manajemen harus beralih ke mempelajari web.
Mereka perlu memahami apa itu web dan bagaimana berfungsinya,
serta harus menyadari akan perlunya memiliki komitmen jangka
panjang hingga dinamika menengah dan jangka pendek mengenai
penayangan informasi. Hanya dengan begitulah nantinya mereka akan
bisa memutuskan berapa banyak uang dibelanjakan untuk beriklan di
Internet.
Mentransplantasikan tujuan periklanan televisi ke dalam tujuan
beriklan di web agaknya tidak akan memadai. Iklan web
diperuntukkan bagi dinamika yang berbeda. Televisi, radio, koran,
dan majalah mengandalkan periklanan in-your-face dan penyusupan
ke dalam kesadaran seseorang. Iklan web bisa mempengaruhi orang
secara berbeda karena sifat interaktifnya. Perusahaan perlu menilai
apakah mereka memiliki komitmen—tenaga kerja, waktu, dan
sumber-sumber keuangan—yang diperlukan untuk tetap ada di web
begitu mereka memutuskan mengadopsi web. Celakanya, kekurangan
komitmen hanya akan menjadikan situs web yang bersangkutan tidak
akan membawa perusahaan ke mana-mana, atau terus-menerus
memberitahukan kepada pengunjung bahwa situs web sedang
diperbaiki. Situs web tidak pernah betul-bertul berakhir begitu kita
masuk; ia perlu perubahan dan dinamika yang terus-menerus untuk
bisa menarik pengunjung.
Bagi perorangan maupun bisnis, disarankan untuk
mempergunakan layanan dari agen periklanan yang sudah mapan dan
cukup berpengetahuan dalam spesialisasi periklanan mengunakan
media internet. Agen-agen semacam itu bisa memiliki tidak sekedar
ide mengenai jenis iklan apa yang sebetulnya akan berpengaruh pada
pemirsa, karena itu mereka akan membuat traffic yang diinginkan
bagi situs web anda.

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
▲TOP