Monday, July 09, 2012

PELUMAS (Part III)

PELUMAS (Part III)

Cara Kerja Pelumasan Mesin


Pompa oli bekerja berdasarkan putaran poros engkol. Pompa oli melakukan hisapan oli dari oil pan dan saringan kasar pada bak oli. Oli yang terhisap kemudian ditekan melalui sistem pengatur tekanan dan melalui filter oli kemudian oli melumasi komponen-komponen mesin dan kembali ke bak oli oleh gaya gravitasinya sendiri. Begitu seterusnya sirkulasi pelumasan terjadi terus-menerus selama sistem pelumasan dapat bekerja dengan baik.

Penyebab Pelumas Cepat Kotor

Padahal baru beberapa hari yang lalu minyak pelumas mobil di ganti, namun tidak beberapa lama hari kemudian minyak pelumas telah kotor. Mungkin Anda pernah mengalami hal seperti ini, minyak pelumas yang baru Anda ganti beberapa hari yang lalu cepat menjadi kotor. Padahal menurut keterangan bengkel, minyak pelumas yang anda beli berkwalitas baik.
Jika minyak pelumas yang dipakai benar-benar berkwalitas baik, maka kemungkinan penyebab kerusakan tidak terletak pada minyak pelumasnya. Kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen mesin lainnya. Lalu apa penyebabnya? Perhatikan hal-hal di bawah ini :
Sebagai pelumas, minyak pelumas juga berfungsi untuk membersihkan permukaan dinding silinder terhadap oksida-oksida, karbon, dan kerak-kerak hasil pembakaran sehingga membawa kotoran-kotoran yang ada di dalamnya. Jadi kwalitas minyak pelumas juga menyatakan kemampuannya untuk membersihkan bagian mesin.
Kalau pun minyak pelumas menjadi cepat kotor, tetapi minyak pelumas masih dapat dipergunakan asalkan kekentalannya tidak banyak berubah. Namun jika di dalam minyak yang kotor terdapat butiran-butiran halus yang mengkilap, maka minyak pelumas harus segera diganti. Sebab hal tersebut menunjukkan adanya serbuk logam yang terjadi karena adanya keausan dari bantalan-bantalan, dinding silinder serta bagian-bagian mesin lainnya.
Jika minyak pelumas tersebut masih tetap digunakan, maka dikhawatirkan akan terjadi kerusakan yang lebih berat terhadap komponen-komponen mesin lainnya. Untuk mesin yang masih dalam keadaan baru, atau jika beberapa bagian mesin diganti dengan yang baru misalnya dinding silinder, torak atau bantalan-bantalan, maka dalam keadaan seperti itu bagian-bagian tersebut masih harus menyesuaikan diri satu sama lain.
Oleh sebab itu akan terjadi penyesuaian sehingga minyak pelumas akan mengandung serbuk-serbuk logam. Hal inilah yang menyebabkan mengapa penggantian minyak pelumas dalam tahap-tahap awal harus dilakukan dalam waktu yang lebih singkat. Langkah terbaik jika Anda melakukan pemeriksaan di bengkel-bengkel terdekat sebab teknisi bengkel tentu lebih mengerti mengenai hal tersebut.

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
▲TOP